PORTAL BONTANG – Ketua Umum PWI Atal S Depari secara resmi menutup pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang, Jawa Timur.

Penutupan Porwanas yang ditandai dengan pemadaman obor itu, berlangsung di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jumat 25 November 2022 malam.

Dalam sambutannya, Atal mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah bersedia menjadi tuan rumah, sehingga Malang Raya dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan Porwanas 2022 yang berlangsung 21 – 25 November 2022.

“Saya sangat berterima kasih terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khususnya kepada Ibu Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur serta teman – teman, termasuk juga dengan Pemerintah Daerahnya, karena pelaksanaan Porwanas ini tidaklah mudah, pada awalnya hajat Porwanas XIII tahun 2022 ini, akan dilaksanakan di Surabaya, namun terakhir final dialihkan ke Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kabupaten Malang,” ungkap Atal, dikutip PortalBontang.com dari rilisnya PWI Kaltim, Sabtu 26 November 2022.

Atal menyebutkan kepanitiaan dalam bekerja tidaklah mudah, tidak terbayang seperti kerumitan transportasi para peserta di Malang Raya, namun pada kenyataannya bisa dilakukan dengan baik, dibuktikan bahwa semua para peserta bisa senang.

Baca Juga:   Mengenang Angger, Aremania UMM yang Jadi Korban Tragedi Kanjuruhan

“Ajang Porwanas harus terus kita pelihara, sebagai ajang silaturahmi antar sesama kalangan insan wartawan, karena itu saya berharap terhadap Seksi Wartawan Olah Raga (SIWO) PWI agar selalu dapat mengevaluasi setiap selesai pelaksanaan Porwanas, Saya sudah perintahkan SIWO untuk mengevaluasi secara menyeluruh, baik menyangkut penyelenggaraan, pertandingan maupun kesiapan dari para peserta,” tegas Atal.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Pulung Kausar, mewakili Gubernur Jawa Timur, menghaturkan permohonan maaf bila terdapat dalam pelaksanaan Porwanas, banyak terdapat kekurangan dan bahkan kurang maksimal.

“Ibu Gubernur, berpesan untuk meminta maaf jika dalam pelaksanaannya belum mencapai maksimal, dan sebaliknya atas nama pemerintah provinsi Jawa Timur, sangat menyambut baik atas adanya pelaksanaan Porwanas, dan juga mengucapkan selamat terhadap para pemenang dari 10 cabang olah raga yang dipertandingkan, yang intinya siapapun pemenangnya, itu tetap Persatuan Wartawan Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga:   Kerusuhan di Kanjuruhan, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan

Sementara itu, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), PWI Jawa Timur, yang juga selaku ketua Panitia Porwanas XIII 2022, M. Erwin membacakan hasil pemenang dalam Porwanas ke XIII.

Disebutkan juara umum dan peringkat perolehan medali selama perhelatan Porwanas XIII tahun 2022. Dalam Porwanas kali ini, PWI Jawa Barat berhasil mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya, dan berhak memiliki secara permanen piala Presiden RI.

Perolehan Medali
Daftar perolehan medali di Porwanas.

Sementara Kaltim, berada di urutan 15 dengan perolehan satu medali perak untuk cabor jurnalistik, dan satu medali perungu untuk cabor bridge beregu.

“Dalam Porwanas XIII tahun 2022 ini di peringkat pertama diduduki oleh Kontingen PWI Jawa Barat, disusul oleh tuan rumah Jatim, dan diperingkat ketiga berasal dari PWI Kalimantan Tengah (Kalteng),” ungkap Erwin.

Acara seremonial ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, dan Forkopimda Malang Raya. ***