PORTAL BONTANG – Manajemen sumber daya manusia (MSDM) bukanlah merupakan hal yang timbul secara mendadak. Kehidupan organisasi yang telah lama ada, seperti misalnya di bidang pemerintahan, ekonomi dan kemasyarakatan dibutuhkan satuan kerja yang secara khusus akan mengelola sumber daya manusia.

Untuk merencanakan, mengelola, dan mengendalikan sumber daya manusia dibutuhkan suatu alat manajerial yang disebut manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) dapat dipahami sebagai suatu proses dalam organisasi serta dapat pula diartikan sebagai suatu kebijakan.

Pada dasarnya, tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berperan untuk melakukan perencanaan Sumber Daya Manusia, pelaksanaan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karir karyawan atau karyawan dan mengambil inisiatif untuk mengembangkan organisasi atau organisasi perusahaan.

Dalam bidang operasional, baik organisasi maupun perusahaan membutuhkan karyawan yang mumpuni di bidangnya. Manajemen sumber daya manusia juga diperlukan dalam operasi perusahaan atau organisasi untuk memastikan operasi berjalan lancar dan tujuan yang diinginkan tercapai.

Peran Penting MSDM dalam Perusahaan dan Organisasi
Vido Pratama Arianto. (Dok/Pribadi)

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah pendekatan strategis dan terkait untuk mengelola aset perusahaan yang paling berharga, yaitu orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan, baik secara individu maupun tim, untuk membantu mewujudkan visi perusahaan. M

Baca Juga:   IKA UMM Kaltim Gelar Reuni Akbar, Wagub Pesan Jaga Persatuan

anajemen sumber daya manusia merupakan bidang studi yang penting dalam bisnis, karena masalah bisnis tidak hanya masalah bahan baku, modal, tenaga kerja dan produksi, tetapi juga masalah sumber daya manusia, yang sebenarnya adalah direktur dan pengelola faktor produksi dan tujuan dari kegiatan produktif itu sendiri.

Tujuan manajemen SDM adalah untuk membimbing orang seefektif mungkin untuk mencapai tujuan SDM yang menguntungkan kedua belah pihak. Manajemen sumber daya manusia sendiri merupakan bidang studi yang mengkaji peran dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi dan bisnis.

Pada dasarnya fungsi manajemen sumber daya manusia ini mencakup beberapa fungsi yang berdampak signifikan terhadap keseluruhan area kerja perusahaan, yang terdiri dari perencanaan, perekrutan dan pemecatan karyawan, tunjangan penghargaan, evaluasi kinerja, penghargaan dan pengembangan karir, pendidikan dan pelatihan aktivitas profesional. kesehatan dan keselamatan, kepemimpinan dan produktivitas.

Selain itu, tujuan manajemen sumber daya manusia juga untuk menerapkan dan memelihara semua kebijakan dan prosedur sumber daya manusia yang memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya. Peran manajemen sumber daya manusia adalah untuk menjabarkan pencapaian tujuan perusahaan yang melibatkan karyawan yang tidak hanya profesional tetapi juga memiliki kemauan dan kesungguhan untuk bekerja secara efektif dan efisien.

Baca Juga:   Memahami Proses Produksi sebagai Supply Chain

Untuk memahami kebijakan dan kegiatan Manajemen SDM dapat dilihat dari suatu pendekatan yang spesifik. Pendekatan tersebut penggunaan Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai sebuah cara untuk melakukan rekonseptualisasi dan pengorganisasian kembali peran Sumber Daya Manusia dan penjelasan ulang tentang tugas dan fungsi departemen personalia dan organisasi.

Kebijakan tersebut dapat dipahami sebagai strategi dalam mempengaruhi pekerja guna mengarahkannya pada tujuan organisasi. Sebagai suatu proses pencapaian tujuan, organisasi mengorganisasikan Sumber Daya Manusia dalam suatu mekanisme sistematik berupa alur Sumber Daya Manusia atau biasa disebut (human resources flow) mulai dari perencanaan Sumber Daya Manusia, rekrutmen, seleksi, perumusan analisis jabatan, dan seterusnya. ***

*) Vido Pratama Arianto adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Disclaimer: Tulisan artikel ini dan properti (gambar, video, ilustrasi, dll) di dalamnya sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan sikap dari redaksi PortalBontang.com, kecuali ditentukan lain di kemudian hari.