PORTAL BONTANG – Di dalam bisnis, pastinya seseorang memiliki sebuah metode agar usahanya berjalan dengan baik dan habis terjual. Salah satunya dengan menggunakan strategi pemasaran untuk memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak umum.

Strategi lokasi sendiri merupakan sebuah strategi oleh produsen untuk memaksimalkan penggunaan lokasi. Saat menentukan sebuah lokasi yang harus dilakukan yaitu:

Pertama, lokasi ramai dan lalu lalang. Kedua, akses yang mudah dijangkau. Ketiga memilih lokasi yang berdekatan dengan kompetitor. Keempat, lokasi usaha yang mudah terlihat. Kelima, memiliki lahan yang luas ideal. Keenam, memperhatikan lingkungan usaha dan sekitarnya.

Strategi yang pertama, memilih tempat yang ramai dan banyak orang lewat, hal itu akan menjadikan usaha kita menjadi ramai pembeli.

Misalnya usaha fotokopi, maka yang harus dilakukan adalah memilih lokasi seperti sekolah, kantor, dan tempat kos.

Kemudian ada akses yang mudah dijangkau, pemilik usaha harus menampilkan lokasi tempat mereka berbisnis agar konsumen bisa mengetahui lokasinya.

Memilih lokasi yang berdekatan dengan kompetitor. Selain memilih lokasi yang ramai pemilik usaha juga memperhatikan lokasi yang mempermudah mereka untuk membeli bahan baku di pasar.

Lokasi yang mudah terlihat, pemilik usaha memakai papan tulisan atau banner di depan usaha bisnis yang dimiliki, supaya seseorang atau konsumen bisa melihat toko yang ingin di kunjungi.

Baca Juga:   Asah Potensi Siswa Balikpapan, UMM Gelar Workshop Menulis dan Tes Minat Bakat

Memiliki lahan yang luas, pemilik usaha bisnis harus mencari lahan yang luas agar kendaraan konsumen menjadi aman.

Memperhatikan lingkungan usaha sekitarnya, hal itu juga pelu diperhatikan oleh pemilik usaha misalnya memiliki bisnis rumah kos yang harus diperhatikan, yaitu tempat yang dekat dengan perguruan tinggi, pabrik, dan toko. Hal itu dapat menjadikan tempat kos tersebut banyak peminat.

Dan juga melihat apa di sekitarnya terdapat usaha yang sama atau tidak ada. Jika ada usaha yang sama, maka pemilik usaha harus menjaga jarak lokasi tempat usaha.

Pentingnya Mengatur Strategi Lokasi di Dalam Bisnis
Agus Bachtiar. (Dok/Pribadi)

Tujuan dari strategi lokasi yaitu untuk memaksimalkan keuntungan yang diterima oleh perusahaan atau pemilik usaha yang ditentukan oleh lokasi yang dipilihnya.

Pemilihan lokasi usaha bisnis dapat bermacam-macam, ada yang di pinggir jalan raya besar, di dalam desa, di area yang banyak orang lewat seperti sekolah, tempat wisata, dan tempat lainnya.

Tempat atau lokasi mempengaruhi keberhasilan perusahaan terpilih. Lokasi yang strategis akan membawa manfaat atau keuntungan bagi perusahaan itu sendiri dan konsumen.

Baca Juga:   UMM Pertahankan Akreditasi Unggul

Manfaat itu sendiri yaitu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen yang datang ke toko untuk membeli, lokasi yang strategis, perusahaan akan mendapatkan bahan baku dengan mudah karena dari awal penyusunan lokasi telah diatur agar memilih lokasi yang dekat dengan bahan baku agar meminimalkan biaya pengangkutan.

Kemudian mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mudah melakukan perluasan lokasi, memilih lokasi yang tepat akan terhindar dari bencana alam, dan keamanan perusahaan akan terjamin dengan pemilihan lokasi yang tepat serta memiliki ruang parkir yang cukup luas.

Memilih lokasi yang salah atau tidak tepat akan menimbulkan sebuah hambatan atau risiko yang sangat tinggi terhadap kegiatan operasional dan pengembalian modal. Pemilihan lokasi usaha juga ditentukan oleh modal yang dimiliki. Modal yang terbatas harus melakukan pertimbangan dalam membeli, membangun atau menyewa tempat untuk usahanya. ***

*) Agus Bachtiar adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Disclaimer: Tulisan artikel ini dan properti (gambar, video, ilustrasi, dll) di dalamnya sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan sikap dari redaksi PortalBontang.com, kecuali ditentukan lain di kemudian hari.