PORTAL BONTANG – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DKP3A Kaltim menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Hotel Lumire Jakarta pada Rabu 16 November 2022 lalu.

Rapat tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Christianus Benny dan perwakilan DKP3A Kaltim.

Dalam pemaparannya, Benny mengungkapkan apresiasi kegiatan tersebut. Di mana, kegiatan yang digelar DKP3A Kaltim ini menjadi suatu wujud perhatian pemerintah dalam mensejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup bagi anak-anak di Kaltim. Khususnya, di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Sekaligus mendorong Kabupaten Mahakam Ulu menjadi Kabupaten Layak Anak,” katanya.

Baca Juga:   Cegah Perundungan di SMPN 2, DP2PA Samarinda Sosialisasi Stop Bullying

Diketahui, saat ini sudah ada sembilan kabupaten/kota di Kaltim yang berhasil memperoleh penghargaan KLA dengan kategori Pratama, Madya dan Nindya. Hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang belum mendapatkan penghargaan tersebut.

Benny mengajak seluruh pihak untuk mengambil langkah-langakah pemenuhan anak. Di antaranya membentuk prosedur yang efektif, pelaksanaan program-program sosial yang diperlukan, melakukan pencegahan kekerasan terhadap anak, identifikasi, pelaporan, rujukan, memeriksakan, perawatan dan tindak lanjut dari kejadian perlakuan salah terhadap anak-anak ke dalam kegiatan sistem aplikasi digital yang informatif.

Di kesempatan yang sama, Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita berharap, Rakernis ini dapat membangun dan meningkatkan komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk melindungi dan memenuhi hak anak.

Baca Juga:   DKP3A Kaltim Gelar Pelatihan Informasi dan Data Gender

“Juga meningkatkan efektivitas dan harmonisasi serta sinergitas perencanaan, program, serta pelaksanaan beberapa klaster KLA di kabupaten/kota dan provinsi,” ujar Soraya. ***