PORTAL BONTANG – Dibuka langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta berlangsung megah.

Apalagi dengan sederet penampilan Sky Show yang dipersembahkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 19 November 2022 lalu. Mulai dari penerjun pembawa bendera hingga atraksi pesawat Cessna milik UKM Biru Flying Club UMM.

Penampilan tersebut merupakan inisiasi Kampus Putih UMM yang menggaet Brimob Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dalam Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Ada sepuluh penerjun senior yang membawa sepuluh bendera. Di antaranya bendera merah putih, Muhammadiyah, Aisyiyah, logo Muktamar, foto KH. Ahmad Dahlan, Nyai Walidah dan sederet lainnya.

Koordinator atraksi, M. Isnaini menjelaskan bahwa persiapan tim sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Pada pembukaan itu, para penerjun turun dari dua helikopter di atas Stadion Manahan, Solo. Kemudian menyapa para peserta dan penggembira agenda lima tahunan tersebut. Adapun usai mendarat, kesepuluh bendera tersebut diserahkan ke pimpinan pusat Muhammadiyah yang diwakili oleh Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed.

Baca Juga:   Peran Penting MSDM dalam Perusahaan dan Organisasi

Kemudian disusul dengan pesawat Cessna UKM Biru Flying Club yang melakukan flying pass di atas Gelora Manahan dan Solo Raya. Tidak sampai di situ saja, muncul atraksi dua pesawat micro light yang disiapkan. Pesawat pertama mengibarkan banner bertuliskan Selamat Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48. Sementara yang kedua membawa banner bertuliskan Memajukan Indonesia, Mencerahkan Bangsa.

“Ini menjadi upaya kami untuk memberikan suasana baru di gelaran Muktamar. Apalagi ini menjadi agenda penting, khususnya bagi warga Muhammadiyah,” kata pria asal Lombok tersebut, dikutip PortalBontang.com dalam siaran persnya.

Antusiasme tinggi juga ditunjukkan oleh warga Muhammadiyah yang hadir. Salah satunya anggota Aisyiyah dari Sorong Papua Barat, Saidah. Ia sangat takjub dengan atraksi pesawat dan tim terjun yang disajikan.

Baca Juga:   Pesan Ketum PP Muhammadiyah di Hari Sumpah Pemuda: Rajut Persatuan untuk Indonesia Berkemajuan

“Hiburan yang luar biasa bagi peserta dan penggembira. Apalagi saya jauh-jauh datang ke Solo dari papua barat. Sempat khawatir penerjunnya kenapa-kenapa, tapi alhamdulillah semuanya mendarat dengan baik,” katanya.

Idah, sapaan akrabnya juga mengapresiasi tim pesawat UMM yang melakukan manuver beberapa kali. Bahkan teman-temannya juga memuji tiga pesawat yang terdiri dari Cessna dan micro light.

“Senang sekali bisa hadir di agenda besar Muhammadiyah. Semoga di Muktamar ke-48 terpilih para pemimpin unggul yang mampu memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta,” harap Idah. ***