PORTAL BONTANG – Pelangi Expo 2022 yang digelar Radio eSKa FM dan didukung Pupuk Kaltim di Gedung Koperasi Pupuk Kaltim akan berlangsung sampai 31 Desember 2022.

Malam ini, di Panggung Eskavaganza Pelangi Expo 2022 akan tampil tiga band, tari tradisional, tari modern, Disc Jockey (DJ), dan berbagai fun games.

Salah satu penampil yang siap menghibur masyarakat di Pelangi Expo 2022 adalah Tari Pecut Samandiman persembahan dari Paguyuban Warga Kediri Kota Bontang.

Pecut samandiman adalah senjata Sakti yang dimiliki Raja Klono Sewandono dari Kerajaan Bantarangin yang sekarang bernama Ponorogo.

Pecut Samandiman atau Cemeti sebagai senjata mengalahkan Raja Singa Barong dari Kerajaan Blitar dalam memperebutkan putri dari Raja Kediri yang bernama Putri Songgolangit.

Baca Juga:   Bontang Raih Bhumandala Award 2022

Saat ini kepiawaian memainkan Pecut Samandiman dari Kota Kediri telah menjadi program rutin yang dilombakan secara nasional setiap tahunnya, tepatnya pada perayaan HUT Kota Kediri. Pesertanya seluruh provinsi di Indonesia.

“Tujuannya adalah melestarikan seni dan budaya asli Kota Kediri,” ujar Ketua Paguyuban Warga Kediri Kota Bontang, Purnawirawan Kompol H. Suyono didampingi wakilnya, Bejo Haryanto.

Bertindak sebagai penata tari (koreografer) dalam pertunjukan Tari Pecut Samandiman adalah Timbul Suharto dari Sanggar Tari PWK Bontang. Sedangkan bertindak selaku Manajer tampilan Pecut Samandiman adalah Abah Aris.

Terpisah, manajer Radio eSKa FM sekaligus ketua panitia Pelangi Expo 2022, Abdul Hakim mengajak masyarakat Bontang untuk mengunjungi expo yang dilaksanakan di Gedung Kopkar PKT.

Baca Juga:   Stadion Bessai Berinta Ditutup Selama 2 Pekan

“Berbagai tenant mulai dari properti, fashion, kuliner, perhiasan, aksesoris, furniture, pendidikan, produk seni budaya ada di Pelangi Expo. Setiap malam Panggung Eskavaganza juga menampilkan berbagai pertunjukan. Seperti malam ini akan tampil Tari Pecut Samandiman, band, dance, dan lain-lain. ***