PORTAL BONTANG – Kepala Operasi Gabungan Angkatan Bersenjata Australia Letnan Jenderal Greg Bilton mengakui kehebatan pasukan TNI Angkatan Laut (AL).

“Pengalaman pertama Angkatan Bersenjata Australia latihan bersama (Latma) dengan Marinir TNI AL. Menurut kami kemampuan pasukan TNI AL sangat baik,” kata Greg seusai pelaksanaan Latma TNI AL – Australian Defence Force atau Ausindo Amphibious Assault Exercise, di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau, dikutip PortalBontang.com dari Info Publik, Senin 21 November 2022.

Menurutnya, latihan bersama (Latma) dengan TNI AL itu kesempatan yang sangat baik, bagi pasukan Angkatan Bersenjata Australia untuk belajar dan bekerja sama dengan pasukan yang dimiliki Indonesia.

Latihan itu merupakan bagian dari Indo-Pacific Endeavour (IPE), program latihan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara-negara di kawasan Indo-Pasifik sejak tahun 2017, salah satunya TNI AL.

Baca Juga:   Prajurit TNI AL Diduga Tewas Dianiaya Senior, Kasal akan Tindak Tegas

Pada pelaksanaannya tahun ini, konsep IPE dikembangkan dengan melibatkan Royal Australian Army (RAA), dengan materi utama latihan yaitu Serbuan Amfibi, bersandi “Ausindo Amphibious Assault Exercise” (AAJEX).

Diskenariokan, Pantai Todak Dabo Singkep telah dikuasai musuh yaitu negara merah (fiktif), sedangkan negara Biru yang diperankan oleh Indonesia dan Australia melaksanakan serbuan amfibi.

Yang istimewa, serbuan itu dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dengan melibatkan unsur laut kedua negara, Marinir TNI AL dan Angkatan Darat Australia sebagai pasukan pendarat, serta TNI Angkatan Udara.

“Kegiatan itu menjadi fondasi yang cukup kuat untuk kerja sama bilateral kedua negara di masa – masa mendatang. Itu merupakan cara hebat untuk membangun hubungan bilateral yang sangat bermanfaat bagi kedua negara,” ungkap Letnan General Greg Bilton.

Baca Juga:   Prajurit TNI AL Diduga Tewas Dianiaya Senior, Kasal akan Tindak Tegas

Latihan Bersama antara Indonesia dengan Australia itu salah satu peningkatan peran diplomasi Angkatan Laut layaknya program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan. ***