PORTAL BONTANG – Pertandingan pertama fase perempat final Piala Dunia 2022 Qatar akan mempertemukan Kroasia vs Brasil, Jumat 9 Desember 2022.

Artikel ini akan mengulas beberapa hal terkait perkembangan tim terbaru, prediksi line up, dan lainnya dalam pertandingan Kroasia vs Brasil nanti malam.

Sebelum pertandingan Kroasia vs Brasil dalam perempat final Piala Dunia 2022 nanti malam, tim asal Eropa itu sebelumnya meraih runner up dalam fase grup. Sementara rivalnya adalah juara grup.

Dikutip PortalBontang.com dari situs resmi FIFA, dengan hanya satu kemenangan pada waktu normal yang mereka raih sejauh ini pada Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, Kroasia berharap bisa mengatasi kelelahan yang datang dalam kemenangan adu penalti atas Jepang, demi mengejutkan Brasil dalam laga perempat final hari Jumat. Pemenang akan menghadapi Argentina atau Belanda di semifinal.

Kroasia menjadi runner-up di grup mereka setelah bermain imbang kontra Maroko dan Belgia serta mengalahkan Kanada.

Meski belum dapat mengulangi performa yang membawa mereka ke final di Rusia 2018, tim Balkan ini masih bisa mengandalkan pengalaman Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic di lini tengah.

Juara dunia lima kali Brasil justru masuk ke pertandingan didukung oleh kemenangan 4-1 atas Korea Selatan pada babak 16 besar.

Baca Juga:   Maroko Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia 2022

Menyuguhkan salah satu penampilan terbaik di turnamen, Brasil menghilangkan keraguan tentang performa mereka ketika tergelincir melawan Kamerun, selepas menang atas Serbia dan Swiss.

Dalam pertandingan Kroasia vs Brasil nanti malam, bek kiri Borna Sosa masih diragukan membela Kroasia karena cedera dan Borna Barisic bersiap menggantikannya jika dia absen.

Pelatih Zlatko Dalic juga mempertimbangkan pilihannya di lini depan, di mana tiga pemain berbeda telah memimpin di sana: Andrej Kramaric melawan Maroko, Marko Livaja menghadapi Kanada dan Belgia, dan Bruno Petkovic kontra Jepang.

Livaja mungkin terpilih melawan Brasil, dengan Kramaric ditempatkan dalam peran yang lebih melebar.

“Brasil adalah favorit. Mereka memiliki kepercayaan diri, semangat, pemain berkualitas tinggi, dan mereka juga mendapatkan kembali Neymar. Walau demikian, saya pikir kami bisa melawan mereka. Mencoba menekan mereka tidak terlalu cerdas, tetapi Anda juga tidak ingin memberi mereka ruang yang terlalu banyak. Kami akan melihat mereka. Peluangnya tidak persis 50-50, tapi kami bisa sampai sejauh ini karena juga pantas mendapatkannya,” ujar Zlatko Dalic.

Brasil pun memiliki beberapa isu yang mirip. Bek kiri Alex kembali bersaing menyusul masalah cederanya. Begitu pula dengan bek kanan Danilo, yang kembali akan membuat Eder Militao turun ke bangku cadangan.

Head to Head

Brasil dan Kroasia telah berhadapan lima kali, dengan Brasil mendominasi pertandingan melalui tiga kemenangan. Dua pertandingan lainnya berakhir imbang.

Baca Juga:   Beberapa Klub Sumbang Pemain Piala Dunia 2022

Salah satu hasil imbang itu terjadi saat mereka pertama kali bertemu, dalam pertandingan persahabatan tahun 1996 yang berakhir 1-1. Skor ini berulang saat mereka melakoni pertandingan persahabatan kedua pada tahun 2005.

Setahun kemudian, terjadi pertemuan pertama dari dua pertarungan di Piala Dunia, di Jerman 2006, di mana Brasil menang 1-0. Delapan tahun kemudian, Neymar mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 A Seleção di Brasil 2014.

Pemain No. 10 itu kembali mencetak gol saat tim Amerika Selatan tersebut mengalahkan Kroasia 2-0 dalam pertandingan pemanasan menuju Rusia 2018.

Prediksi Line Up Kroasia vs Brasil

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Marko Livaja, Ivan Perisic.
Skorsing: tidak ada
Skorsing jika mendapatkan kartu: Lovren, Modric, Kovacic, Barisic

Brasil: Alisson; Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta, Neymar; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior.
Skorsing: none
Skorsing jika mendapatkan kartu: Militao, Fred, Bruno Guimaraes

Wasit: Michael Oliver; Asisten Wasit: Stuart Burt, Gary Beswick (semuanya dari Inggris)

Waktu dan Tanggal: 9 Desember, 20.00 WIB

Venue: Stadion Education City

***