PORTAL BONTANG – Indonesia menjadi tuan rumah dalam pagelaran ASEAN Children’s Forum (ACF) yang ke-7. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Manado yang berlangsung dari 15 November 2022 hingga 20 November 2022. ACF tersebut dihadiri seluruh delegasi anak dari negara-negara ASEAN.

Pada Selasa 15 November 2022, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang diwakilkan Plt Deputi Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA Rini Handayani menyambut kedatangan para tamu ASEAN Children’s Forum. Ia mengungkapkan, rasa bangga dan syukur atas kedatangan dari seluruh perwakilan delegasi.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh delegasi anak dan para pendamping yang menyempatkan hadir dalam kick-off awal menjelang perhelatan ASEAN Children’s Forum (ACF) yang ke-7 pada 15 hingga 20 November 2022 mendatang,” ungkap Rini.

Baca Juga:   Kurangi Dampak KBGO, UPTD PPA Samarinda: Support System Berperan Penting

Forum rutin dua tahunan yang diselenggarakan di negara-negara ASEAN merupakan wadah untuk mempromosikan hak-hak dasar anak, terutama hak untuk berpartisipasi dan pembangunan masyarakat yang tentram dan memastikan perkembangan anak pada tingkat individu, kelembagaan, masyarakat, nasional, dan regional dengan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak.

Tahun ini, ACF mengusung tema “Building a Digital Resiliency for ASEAN Children”, yang akan dielaborasikan ke dalam pembahasan sub-sub tema berupa: (1) digital literacy; (2) digital participation and resiliency; dan (3) digital security.

Adapun negara-negara ASEAN yang turut berpartisipasi mengirimkan delegasi anak pada perhelatan ini diantaranya Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina.
 
“Keseluruhan tema dan sub tema tersebut akan dibahas dalam kegiatan yang dirangkum dengan apik melalui konsep ‘I see, I know, and I will’. Melalui konsep ini, para delegasi anak akan memetakan permasalahan, mencoba menemukan akar permasalahan, dampak dan praktik-praktik baik yang telah dilakukan, untuk selanjutnya menyusun rencana aksi yang akan dilaksanakan setelah para delegasi anak kembali ke negara masing-masing,” jelas Rini.

Baca Juga:   Korban Kekerasan Perempuan dan Anak Bisa Hubungi SAPA 129

Ia berharap delegasi anak dari negara ASEAN dapat menikmati seluruh rangkaian kegiatan ACF di Indonesia dengan penuh semangat dan gembira. Serta, mendapatkan kenangan yang mendalam selama berada di Indonesia. ***