PORTAL BONTANG – Bola pertandingan resmi untuk semifinal dan final Piala Dunia 2022 telah diresmikan oleh Adidas, yakni Al Hilm. Apa maknanya?

Bola resmi yang dinamakan Al Hilm, diterjemahkan sebagai ‘Mimpi’ dalam bahasa Arab, mengikuti dari bola sebelumnya yang digunakan dalam turnamen Piala Dunia 2022 sejauh ini, Al Rihla, atau ‘Perjalanan’.

Memanfaatkan kemajuan teknologi terbaru dalam desain bola, Al Hilm menyertakan teknologi Adidas ‘Connected Ball’ yang belum pernah ada sebelumnya seperti Al Rihla, yang telah terbukti sangat berharga dalam membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat selama Piala Dunia ini, dikutip PortalBontang.com dari situs resmi FIFA.

Dikombinasikan dengan data posisi pemain, inovasi ini menawarkan data video instan kepada official pertandingan, untuk membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan dan pengalaman penggemar yang mulus.

Baca Juga:   Kroasia vs Brasil, Pertandingan Pertama Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

Dengan menggabungkan data bola yang ditangkap oleh sensor IMU di dalam bola dan menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini mendukung sistem offside semi-otomatis, terutama dengan memberikan momen yang tepat ketika bola dimainkan dalam situasi offside yang ketat.

Johannes Holzmüller, direktur teknologi & inovasi sepak bola di FIFA, mengatakan, dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi penting tambahan tersedia untuk official pertandingan.

“Data dari bola membuka wawasan baru untuk bercerita seputar momen unik di lapangan di Piala Dunia ini,” ujarnya.

Bola ini juga dirancang dengan lingkungan sebagai intinya – semua komponen telah dipertimbangkan dengan cermat, dan Al Hilm adalah bola semifinal dan final Piala Dunia 2022 pertama yang dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Baca Juga:   Marak Judi Bola dalam Piala Dunia, Begini Pendapat Hukum Islam

Desainnya dibuat dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus, mengambil inspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha, warna trofi Piala Dunia 2022, dan pola bendera Qatar.

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia,” kata Nick Craggs, manajer umum – sepak bola, Adidas.

“Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh semangat mereka untuk permainan ini. Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik saat mereka bersaing di panggung terbesar yang ditawarkan sepak bola. ” ***