PORTAL BONTANG – Menjelang Pemilu Tahun 2024, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melalui Bidang Kesetaraan Gender memiliki tugas dalam meningkatkan peran serta perempuan di dunia perpolitikan. Khususnya kepada pemilih pemula dan keterlibatan perempuan di parlemen.

Kepala Bidang KG DKP3A Kaltim, Dwi Hartini mengungkapkan, pihaknya akan bermitra dengan Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) dalam memberikan edukasi kepada target sasaran mereka, terutama pemilih pemula. KPPI akan diberikan bekal keilmuan oleh DKP3A Kaltim untuk bisa dilanjutkan KPPI.

“Kita berikan penguatan kepada Kaukus Politik Perempuan Indonesia sebagai mitra kerja. Jadi mereka akan mentransfer ilmunya ke KPPI seluruh Kaltim agar mereka juga bisa mengawal perempuan partai bisa betul-betul berkualitas, agar mereka dapat menjadi personal yang ditunjuk mewakili suara perempuan,” jelas Dwi.

Baca Juga:   DKP3A Kaltim Ajak Masyarakat Berani Lapor Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Dwi berharap, melalui KPPI, mereka mampu mendampingi perempuan yang ada di partai agar bisa menjadi politisi yang berkualitas dan mampu mewakili suara perempuan ketika telah masuk di dalam parlemen.

Bidang KG juga terus melakukan edukasi kepada pemilih pemula supaya tidak ragu dan betul-betul memilih politisi yang diinginkan. Sehingga, pemilih pemula mampu mempertanggungjawabkan pilihan mereka.

“Kami akan melakukan kegiatan ke pemilih pemula di pemilu untuk melakukan penguatan agar tidak gagap dan tidak tepat dalam memilih. Jadi awal mereka mempertanggungjawabkan pilihan mereka, mereka juga diberikan konsep pembangunan responsif gender seperti apa, agar berkeadilan,” pungkasnya. ***