PORTAL BONTANG – BMKG memprakirakan semua daerah di Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir pada Jumat-Sabtu, 16-17 Desember 2022.

Dengan prediksi cuaca hujan di semua daerah di Kaltim tersebut, BMKG mengimbau semua pihak untuk waspada terhadap dampak yang mungkin bisa ditimbulkan.

“Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Kamis 15 Desember 2022, dikutip PortalBontang.com dari Antara, Jumat 16 Desember 2022.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Baca Juga:   8 Titik Panas di Kaltim Terdeteksi Meski Musim Hujan

Rincian dari wilayah yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut antara lain, di Kota Balikpapan pada Jumat sekitar pukul 23.00 wita hingga Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

Di Kota Samarinda pada Sabtu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Untuk hujan petir di Kota Bontang diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 23.00 di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 17.00 di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Tenggarong Seberang, pukul 23.00 di Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Kaman, dan Kecamatan Kota Bangun.

Baca Juga:   Gempa Hari Ini Berkekuatan 5,4 Magnitudo Guncang Sulut

Pada Sabtu dini, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Marangkayu, Kenohan, dan Kecamatan Muara Wis.

Kabupaten Berau pada Jumat sekitar pukul 11.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, Teluk Bayur, pada Sabtu dini hari di Kecamatan Pulau Derawan.

“Hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Kutai Timur sekitar pukul 17.00, 23.00, dan Sabtu dini pada delapan kecamatan, yakni Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesangat, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, dan Kecamatan Telen,” kata Carolina. ***