PORTAL BONTANG – Anggota DPRD Kaltim, Puji Hartadi, mengapresiasi program Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim yang bekerja sama dengan Dinas Dukcapil di seluruh kabupaten/kota dalam menyukeskan program perekaman data Adminduk.

“Tentu ini gerakan yang bagus, terlebih diinisiasi oleh DKP3A Kaltim,”ungkap Puji Hartadi.

Puji Hartadi menilai, perekaman data ini mampu menciptakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas dalam mendapatkan pelayanan publik.

Apalagi, program tersebut dilakukan di seluruh kabupaten/kota. Sehingga, melalui data tersebut, memberikan acuan bagi pemerintah dalam membuat program yang ramah disabilitas.

Puji juga berharap agar program perekaman data Adminduk dari DKP3A Kaltim bisa membuat masyarakat di Benua Etam menjadi masyarakat yang inklusif. Baik di tingkat provinsi, maupun tingkat kabupaten/kota.

Baca Juga:   Tingkatkan Kinerja, DKP3A Kaltim Susun Probis dan SOP

“Saya berharap pelayanan yang diberikan kepada kelompok rentan seperti penyandang disabilitas tidak lagi mendapatkan diskriminatif,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita mengungkapkan, data ini digunakan sebagai acuan pemerintah dalam membuat program dan pelayanan bagi penyandang disabilitas. Program tersebut akan disesuaikan dengan jenis disabilitasnya.

“Pendataan ini khususnya penyandang disabilitas ada berapa dan terdata sesuai kategori kecacatannya. Misalnya tuna rungu, tuna netra, tuna wicara, fisik, jiwa atau lainnya,” terangnya.

Soraya menegaskan pihaknya akan melakukan pendataan dan penerbitan dokumen kependudukan secara terukur, tepat dan terintegrasi.

Program untuk penyandang disabilitas akan bermuara dengan kode khusus pada identitas mereka masing-masing. ***