PORTAL BONTANG – Kaltim merasakan kebahagiaan saat ini. Di mana, 9 kabupaten dan kota meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Penghargaan KLA yang diraih ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita melalui Kepala Bidang PPPA Junainah.

Ia mengungkapkan, terdapat 2 daerah yang mendapatkan penghargaan KLA Kategori Nindya di Kaltim, yakni Kota Bontang dengan nilai 767,25 dan Kota Balikpapan dengan nilai 732,00.

“Kategori Madya diraih Kota Samarinda dengan nilai 653,70 dan Kabupaten Kutai Kertanegara dengan nilai 601,80,” ungkapnya dalam kegiatan FGD Pendampingan Kabupaten/Kota Layak Anak di Kabupaten/Kota di Hotel Swiss Belhotel Samarinda pada Senin, 7 November 2022.

Baca Juga:   Kementerian PPPA Dorong Perempuan Berdaya Secara Ekonomi

Selain itu, sebanyak 5 kabupaten yang mendapatkan penghargaan KLA Kategori Pratama. Di antaranya Kabupaten Berau dengan nilai 564,40, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan nilai 544,75, Kabupaten Kutai Timur dengan nilai 501,80, Kabupaten Paser dengan nilai 501,80 dan Kabupaten Kutai Barat dengan nilai 500,20.

Junainah berharap seluruh kabupaten/kota dapat melanjutkan kegiatan implementasi KLA yang sudah dilakukan sebelumnya dan bersama-sama mewujudkan KLA.

Oleh karenanya, seluruh pihak harus berkolaborasi dan bertanggung jawab.

“Berbagai pihak berkewajiban dan bertanggungjawab menjamin pemenuhan hak-hak anak tersebut. Mulai dari institusi terkecil yaitu keluarga, masyarakat, pemerintah desa/kelurahan, pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provisi dan pemerintah pusat,” pungkasnya. ***